Strategi 13. Pengorbanan

MANAJEMEN STRATEGI
DALAM BHARATA YUDHA
Memenangkan Tanpa Mengalahkan

COLLECTIE TROPENMUSEUM Wajangfiguur van karbouwenhuid voorstellende een pauzeteken TMnr 4551-27.jpg

Oleh :
SUDARMAWAN JUWONO

Pengorbanan



Strategi Lainnya : Kearifan Strategi Dalam Bharatayudha



"Bilamana kondisi sangat jauh tidak seimbang  dan tidak mungkin memenangkan pertempuran. Keuntungan satu-satunya adalah merugikan lawan sebesar-besarnya. Satu-satunya cara adalah melakukan  pengorbanan.  Sebaliknya kita perlu mewaspadai ancaman dari musuh yang terdesak karena cenderung bersifat nekat dan tidak segan-segan mengorbankan diri."



Senjata andalan Adipati Karna yang ditakuti Pandawa adalah senjata  pamungkas Kuntawijayadanu yang bisa mengejar lawan. Senjata yang hanya  bisa sekali digunakan ini nyaris tidak ada tandingannya. Pada masa kini, Kuntawijayadanu adakah semacam peluru kendali darat ke udara. Amerika Serikat dulu memiliki roket yang mampu melacak panas. Rudal ini terbukti sukses di medan perang Afganistan karena mampu merontokkan banyak pesawat terbang  Uni Soviet. 

Bila senjata ini digunakan Karna saat perang tanding nantinya akan sangat membahayakan Arjuna. Maka Kresna mengatur siasat agar  Gatotkaca yang mampu terbang  menghadang Adipati Karna. Tujuannya memancing Karna mengeluarkan senjata pamungkas tersebut. Perhitungannya dengan kecepatan luar biasa Gatotkaca dapat menghindar. Tugas Gatotkaca menghadang pamannya Adipati Karna merupakan strategi Prabu Kresna. Sebenarnya sang Kresna telah mengingatkan Gatotkaca agar tidak berhadapan langsung dengan Adipati Karna. Namun Gatotkaca terbang terlalu dekat dan bernafsu membunuh sang paman. Adipati Karna tidak menyia-nyiakan kesempatan ini setelah mengukur jarak lemparan Kunta yang efektif maka segera bersiap menyerang kembali Gatotkaca. Saat tepat Adipati Karna merasa terancam maka satu-satunya jalan adalah menyerang dengan Kunta.         

Rahasia Kisah dan Strategi
Dalam kisah tersebut, penghadangan Karna oleh Gatotkaca disengaja oleh Kresna dengan tujuan memancing lawan menggunakan senjata pamungkasnya. Bila senjata pamungkas dikeluarkan maka kekuatannya akan berkurang. Strategi mengorbankan diri inilah yang dipakai. Modalnya mental dan pikiran yang berasumsi bahwa pengorbanan ini adalah jalan terbaik. Gatotkaca tidak akan melakukan hal ini bila dia tidak yakin atas tindakannya. Karna tidak menyadari bahwa dirinya tengah diperdaya agar kesempatannya hilang untuk menggunakan senjata pada musuh yang tepat. Bagi Gatotkaca, pengorbanan dirinya tidak berarti dibandingkan dengan kemenangan Arjuna dalam mengalahkan Adipati Karna.

Bagi pihak Pandawa diperlukan orang-orang seperti ” Gatotkaca ” yang memiliki loyalitas tinggi untuk mengemban tugas yang sangat berbahaya.

Rahasia Kebaikan Para Investor Asing
Ketika Perang Dingin dimulai Amerika Serikat  maupun Uni Soviet berusaha menawarkan berbagai program bea siswa bagi mahasiswa Indonesia untuk belajar di negara mereka. Tentu saja tujuannya bukan untuk amal semata-mata namun ada tujuan strategis menanamkan pilar-pilar kekuatan mereka. Siapa negara yang tidak menghendaki memiliki lulusan-lulusan universitas ternama. Beruntunglah negara-negara kapitalis yang memiliki banyak perusahaan swasta yang memungkinkan mendanai program tersebut. Sekembali mahasiswa tersebut ke Indonesia maka tidak sedikit dari mereka yang kemudian tanpa sadar menjadi agen pembaharuan untuk program kerja yang dirancang negara tujuan belajar tersebut. 

Logika Bisnis Pengorbanan
Cara-cara menarik simpati dengan memberikan suatu fasilitas pada calon pelanggan sehingga tertarik untuk membeli. Iming-iming antara lain adalah dengan membuat berbagai acara atau program yang menarik. Program tersebut dapat dikenali merupakan bagian dari pemasaran. Motif pemasaran tersebut biasanya dibungkus dengan konsep CSR (Corporate Social Responbility). Biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut sebenarnya telah dihitung secara rasional sebagai bagian dari program pemasaran. Maka tidak mengherankan bilamana ada program salah satu perusahaan yang memiliki kontradiksi dengan tujuannya. Seperti sering diiklankan mengenai program bantuan air bersih sementara pada sisi lain bisnis mereka bertumpu pada privatisasi pengelolaan air bersih.

 
Previous
Next Post »